Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadh (JQH)

JQH

JQH singkatan dari “Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadh”. JQH Muncul pertama kali pada tahun 2010.  JQH merupakan Suatu Perkumpulan Pecinta Al-Qur’an dimana terdapat 3 divisi, diantaranya: 

 

  1. Divisi QITA (Qiro’ah dan Tartil)

DIVISI QITA (Qiro’ah dan Tartil) yang merupakan divisi di Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh yang di dalamnya terdapat latihan bersama, belajar bersama tentang tata cara membaca al-qur’an yang baik dan benar, belajaar seni membaca al-qur’an, di dalam QITA juga dipelajari terkait tajwid, ghoroibul qur’an dan lain sebagainya yang terkait dengan al-qur’an.

Materi yang disampaikan adalah tentang tartil dan tata cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Durasi kegiatan QITA putra adalah antara 30 menit s/d 60 menit. Pengajar mengawali dengan membaca beberapa ayat yang kemudian diikuti oleh peserta didik, lalu kemudian peserta didik membaca per ayat secara urut dan diikuti pula oleh peserta didik yang lainnya. Disini, pengajar akan mengoreksi bacaan per-peserta didik, mana bacaan yang dianggap salah (kurang benar) tata tajwidnya. Begitu pula untuk peserta didik selanjutnya yang membaca, pengajar akan mencatat kesalahan-kesalahan bacaan ayat yang dibaca peserta didik untuk kemudian akan dikoreksi lagi pada pertemuan selanjutnya. Selain itu, di QITA juga ada kegiatan belajar bersama terkait seni baca Al-Qur’an (Qiro’ah)

  1. Divisi Tahfidz

Divisi Tahfidz adalah Divisi di Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh yang mewadahi santriwan santriwati luhur untuk bisa meneruskan hafalannya (bagi yang sebelumnya pernah menghafal Al-Qur’an) atau bagi santriwan santriwati yang berniat ingin memulai menghafal Al-Qur’an dari awal.

Menyorot kegiatan di tahfidz, bahwasannya di tahfidz ini menerapkan sistem “One Day One Ayat”, yang artinya anggota tahfidz diharuskan menghafal Al-Qur’an untuk 1 hari seminimal – minimalnya minimal 1 ayat.

Di tahfidz putra, anggota tahfidz memulai hafalan mereka dari juz 30, sementara di tahfidz putri dimulai dari juz 1.

Pada kegiatan “One Day One Ayat” ini dilaksanakan tiap selesai pengajian malam bertempat di masjid untuk putra dan di aula lantai 2 untuk santri putri, yang diawali dengan do’a bersama.

Adapun sistemnya di putra adalah 1 orang disimak oleh 1 orang, boleh bergantian atau ke teman yang lain. Sedangkan di putri, terdiri dari beberapa pendamping yang menyimak para hafidzoh.

  1. Divisi Kaligrafi

Dalam bidang kaligrafi ini, peserta dibimbing tentang seni menulis indah bahasa arab. Disini peserta diajari dari awal (0) hingga sampai ke tingkat yang paling rumit. Dalam kegiatan kaligrafi ini, pembimbing kaligrafi biasa menyiapkan peralatan – peralatan yang dibutuhkan dalam seni kaligrafi, seperti : andam, tinta, kertas dan lain sebagainya. Ini untuk mempermudah para peserta dan para peminat seni kaligrafi dalam belajar penulisan khat yang ada di dalamnya.

Kegiatan ini biasa diadakan setiap selasa malam rabu setelah pengajian malam  bertempat di aula lantai II atau di ruang tamu. Dalam realitasnya, kegiatan seni kaligrafi ini terbilang enjoy karena peserta bebas berkreasi, peserta juga dibimbing khusus bagaimana cara memegang andam dan lain sebagainya. Salah satu kreasi dari anggota seni kaligrafi ini bisa dilihat di aula lantai II yang disitu terdapat sebuah pigora kaligrafi bertuliskan sholawat irfan.








    November 2017
    Safar - Rabi'ul Awal 1439
    S M T W T F S
    1
    12
    2
    13
    3
    14
    4
    15
    5
    16
    6
    17
    7
    18
    8
    19
    9
    20
    10
    21
    11
    22
    12
    23
    13
    24
    14
    25
    15
    26
    16
    27
    17
    28
    18
    29
    19
    30
    20
    1
    21
    2
    22
    3
    23
    4
    24
    5
    25
    6
    26
    7
    27
    8
    28
    9
    29
    10
    30
    11